A-Z Kebiasaan Buruk yang Harus Dihapus

Sebenarnya banyak sisi negatif dalam diri seseorang. Cuma kadar setiap orang beda-beda. Ada yang bisa mengendalikan, dan sebaliknya. Malah ada yang mengumbar. Kita cek yuk, ada yang mirip nggak ya kebiasaan buruk berikut dengan yang ada dalam diri kita!!

Amarah
Siapa bilang nggak boleh marah?? Kan kita diberkahi emosi, diselimuti perasaan. Asal kontrol diri saja. Jangan sampai cara marahmu kelewatan batas yang bisa bikin teman-temanmu jadi bete.

Boros
"Laper mata" tuh bahaya loh.. Ngeliat barang bagus dikit, langsung pengen beli. Kalau kita membeli sesuatu karena memang butuh, artinya kita sudah mengarah pada sifat bijaksana,. Apalagi kalo uang saku kita masih dikasih ortu.

Congkak
Congkak itu mirip-mirip show off, sombong angkuh yang berlebihan. Sombong saja sudah bikin orang lain sebel, apalagi lebih dari itu.. Orang lain bakal ngeliat kelebihan diri kita tanpa kita harus nunjukin dengan ugal-ugalan kok..

Dekil
Nggak asik banget, sih!! Hari gini tuh dituntut berpenampilan nyaman. Walaupun beda, out of date, cuek, dan apa adanya. Jangan sampai deh kita terlihat dekil. Orang jadi males deket-deket loh.. Bukan cuma dekil, mandi yang rajin biar nggak bau!! Ih, nggak banget deh.. sudah dekil, bau pula.. Nggak perlu wangi kok. Yang penting jauh dari hal itu.

Egois
Buang jauh-jauh deh, rasa ingin menang sendiri. Take and give, lah. Kita hidup nggak sendiri. Apa yang kita inginkan, kadang diingainkan orang lain juga. Apa yang kita suka, orang lain belum tentu suka pula. 


Galak
Buang deh, sifat kayak gini. Selain bikin orang “ngeri”, galak tuh butuh energy lebih. Salah-salah, orang bukannya hormat, tapi malah pengen marah terus sama kita. Ingat ya, nilai galak itujauh dari tegas.

Hipokrit
Bahasa kasarnya sih munafik. Lain di bibir, lain di hati. Sering kali bilang nggak mau, padahal dia benci banget kalo nggak bias ngedapetinnya. Angel outside, devil inside.

Ingkar
Nggak ada bedanya sih, sama kayak bohong. Nggak pernah menepati  janji dan bikin kecewa orang. Ingat, seseorang yang pegang adalah kata-katanya. Sial banget nasib kita kalau kat-kata kita membuat orang lain nggak percaya.

Jahil
Boleh sih… tapi, sesekali saja yaa… buat refreshing. Kalau usil, iseng, dan jahil ini jadi kebiasaan, dijamin semua temen bakal ninggalin kita. Soalnya nggak nyaman sih, deket-deket kita...

Klepto
Ya ampun!! Penyakit ini bisa membuat kita masuk penjara, loh... Gimana nggak.. kalau kebiasaan buruk ini membuat korban nggak suka dan kita dilaporin ke pihak berwajib, kacau sudah. Ask friend for help, we need them to share beban yang mungkin nggak bisa kita tangani sendiri ini. Itu kalau kita lebih ngerasa safe ngobrol sama mereka. Kalo sudah sangat parah, libatkan keluarga dan psikiater.

Lalim
Artinya nggak adil. Sama temen-temen kamu nggak bisa bersikar adil. Misalnya pembagian keuntungan. Pertahankan sikap adilmu, kalau ditinggalin temen.

Masgul
Jarang ketawa, nggak punya sense of humor, murung terus dan bawaannya bete melulu. Siapa yang mau berteman sama sosok kayak begini. Ayo dong, try to cheer up from now on.

Nyinyir
Banyak omong, cerewet, dan yang diomongin nggak penting dan nggak jelas. Apalagi cenderung mencela dan nyakitin hati. Stop nyinyir right away!!

Palasik
Semacam ilmu jadi-jadian yang kerjanya suka ngisap darah. Nah, dalam pergaulan adalah orang yang suka ngekor dan mlorotin temennya. Tapi dia nggak mau gantian berkorban.

Q-urang Ajjjarr!!
Maksain banget yaa.. Itu artinya kurang ajar. Nggak bisa menghargai orang lain, apalagi terhadap orang yang lebih tua dari kita.

Rakus
Selalu mengambil sesuatu melebihi porsi dirinya, hingga orang lain nggak kebagian. Plis deh, lihat kepentingan orang juga dong..

Sembrono
Kurang hati-hati, lengah, dan cenderung ceroboh dalam melakukan sesuatu. Akibatnya bisa merugikan orang lain dan diri sendiri.

Tulalit
Tiap diajak ngomong nggak nyambung. Padahal, kalo mau banyak gaul, musti banyak baca dan nonton televisi.

Useless and Unhelpful
Nggak berguna dan nggak menolong. Kalau ada dua sifat ini dalam diri kita, segera perbaiki diri! Bisa-bisa kita stres dan depresi menghadapi sifat kayak gitu.

Vandal
Artinya hobi merusak apa saja. Biasanya terjadi saat ada perkelahian antar pelajar. Berani karena berada dalam gerombolan dan merusak apa saja yang ada didepannya.
Waham
Artinya punya pikiran curiga melulu. Berprasangka gitu.. Padahal, nggak ada bukti nyata bahwa apa yang dipikirkannya atau disangkanya itu benar. Mulailah bersikap objektif!!

Xenophobia
Semacam penyakit yang membenci melihat barang-barang atau orang asing. Maksudnya, dia nggak bisa menerima pembaharuan yang datang padanya. Pikirannya masih berkotak-kotak.

Ya... ya... ya...
Suka bilang "ya", tanpa mikir lebih dahulu. So, bikin orang kecewa karena sebenarnya kamu nggak bisa memenuhi apa yang kamu katakan. Sebelum bilang "ya", pikir dulu ya...

Z... z... sss
Ini juga kebiasaan buruk yang bikin bete lawan bicara. Baru diajak ngomong sebentar, sudah mau tidur aja. Nggak bisa ngliat bantal, bawaannya mau tidur terus. Aduuhh.. kapan majunya kalo tidur terus??







0 komentar:

Posting Komentar